Monday, April 2, 2012

Jajanan SURKEN - Jalan Suryakencana, Bogor

Jalan Suryakencana emang terkenal sebagai salah satu pusat peradaban di Kota Bogor, terlebih lagi di kawasan ini adalah pusatnya etnis Cina. Maka dari itu dikawasan ini terkenal sekali dengan sejarahnya dan kulinernya yang pastinya harus dicoba satu-persatu.

Sedikitnya ada 16 lokasi wisata kuliner di Jalan Suryakencana yang ditunjukan oleh Kompas (4/5/2008) dalam tulisannya tentang riwayat Kota Bogor khususnya wisata kuliner di Jalan Suryakencana, diantaranya: Laksa Ace, Nasi Uduk Cece, Es Pala Okip, Soto Bogor Maman, Lumpia Basah Anton, Roti Singapura, Asinan Lengkap, Toge Goreng Gang Besi, Soto Pak Yusuf, Bir Kocok Jahe Pak Acep, Asinan Jagung Gang Aut, Soto Bogor Pak Salam, Es Krim Durian Doto, Asinan Gedung Dalam, dan Toko Roti Tan Ek Tjoan.

yuk kita liat, ada apa aja sepanjang jalan suryakencana..

1. Soto kuning Bogor Pak Yusup. nah ini dia soto bogor yang terkenal selalu penuh pengunjung.Tempatnya dipinggiran jalan suryakencana. Tempat makan yang satu ini hanya terdiri dari bangku-bangku plastik dengan meja ala kadarnya. Eits.. tapi jangan salah, "dont't jugde a book by the cover" ia teman-teman. Rasa soto di sini enak banget, gurih deh.


2. Laksa Special. Makanan yang satu ini udah langka banget di Bogor. Sekalinya ada, pasti banyak banget diserbu pembeli. Laksa sendiri semacam soto namun lebih banyak campuran makanannya seperti oncom dan sayuran hijau. Harus coba banget nih, udah langka loh :D
  

atau bisa juga coba Laksa Gg.Aut yang satu ini, kuahnya nendang banget loh. Bukanya dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Jadi bisa sarapan ataupun makan siang di sana.



3. Wedang Ronde. Kalau kalian mau yang hangat-hangat coba deh jajanan yang satu ini! Kuah jahenya mantep banget buat menghangatkan tubuh. Ga salah deh ada jajanan hangat macam ini di Kota yang selalu diguyur hujan. Bisa juga coba Bubur Sagurangi atau Jali-jalinya 


4. Combro Surken. Makanan yang terbuat dari singkong diisi oncom ini enak banget loh walaupun agak pedas



5. Dodongkal Talas. Kalau biasanya dongkal terbuat dari tepung besar dengan selipan gula merah didalamnya, dongkal yang satu ini agak unik, karna terbuat dari talas. Pastinya rasanya ga kalah enak teman :)




6. Es Pala dan Es Mangga. Mau yang segar? coba deh minuman yang satu ini! Minuman ini melegenda banget loh teman, tapi sayangnya sudah jarang yang jualanan. Mumpung masih ada yang jual, yuk cepet beli!


ternyata ada gerobak lainnya yang jual es pala, ini nih foto gerobaknya. ayo cepet beli!!




7. Aneka Pepes. Buat teman-teman yang mau bawa pulang pepesan buat teman nasi di rumah, boleh nih di coba pepesnya. Tersedia pepes jamur, teri, oncom, usus, peda, otak-otak, dan lain sebagainya.




8. Bir Kocok. Buat teman-teman yang mau rasain bir tradisional yang tidak beralkohol boleh nih coba bir kocok. Bir ini tidak memabukkan karena terbuat dari jahe, gula merah dan kayu manis. Kalau minum bir ini pasti rasanya dingin di mulut namun hangat di badan.
  
9. Asinan Jagung Bakar. Sudah pernahkah makan makanan yang satu ini? coba beli dan bawa pulang deh trus simpen di kulkas beberapa saat kemudian makan. pasti segeeeerrr banget.
10. Asinan Gedung Dalam. Mau coba asinan khas Bogor? cobain deh asinan di sini, dijamin rasanya nendang banget. Seger deh pokonya...

11. Doclang dan Kupat Tahu. Agak laper? yuk makan doclang di sini, saus kacangnya enak banget loh dan porsinya juga lumayan besar.

12. Surabi Duren. Mau makan sensasi durian yang lain? yuk cobain surabi yang satu ini. Tempatnya ada di sebrang Shop and Drive dan dipersimpangan menuju pajajaran.


Selain tempat jajanan-jajanan tersebut, ada juga tempat yang menjual oleh-oleh khas bogor loh di sepanjang jalan suryakencana. Ini dia oleh-oleh yang bisa teman sekalian bawa pulang..

manisan bogor


kerupuk-kerupuk
berbegai snack khas Bogor
Gepuk karuhun dan ikan balita

Itu dia teman-teman, jajanan dan oleh-oleh yang bisa kamu temuin di sepanjang jalan suryakencana.
Semoga bermanfaat buat kalian yang sedang ingin berwisata kuliner di Bogor.
MARI JAJAN!! :D

2 comments:

  1. Bir kocok nya recommend ,,,enak segeerr jahe nya...bingung klo udh di surken ,,,semua pengen coba...

    ReplyDelete
  2. Wah informatif banget sist, sukses terus ya!
    Kunjungi juga ya anugerahweddings.blogspot.com segala kebutuhan pernikahan ada disini, terlengkap di Bogor! Makasih ^^

    ReplyDelete